5 Cara Agar Video Masuk FYP TikTok dan Trending

Siapa sih yang tidak ingin videonya masuk FYP di TikTok? Saat video TikTok masuk FYP, pemilik video tersebut memiliki kesempatan besar untuk mendapatkan followers baru.

Banyaknya followers ini, bisa dimanfaatkan untuk beragam hal. Misalnya untuk mendapatkan uang dari TikTok dengan menjadi influencer, endorse produk, atau sebatas ingin ‘pamer’ ke teman-teman sekitar bahwa ‘followers-ku banyak lho!’.

Yang kemudian menjadi pertanyaa, “bagaimana cara agar video TikTok yang kita unggah masuk ke FYP?”.

Nggak perlu khawatir, karena kami akan membagikan beberapa tips untuk Anda yang ingin video TikToknya masuk FYP. Langsung saja, simak di bawah ini.

1. Kenali Algoritma TikTok

Anda mungkin pernah mendengar istilah algoritma sebelumnya. Singkatnya, algoritma adalah langkah sistematis, terstruktur, dan logis untuk menyelesaikan masalah, terutama dalam sistem komputer.

Dan sebagai sebuah program, TikTok juga memiliki algoritma yang menentukan babagaimana sebuah video bisa masuk ke FYP.

TikTok sendiri menyebutkan bahwa sistem algoritma FYP mereka ditentukan oleh kombinasi beberapa faktor, antara lain:

Interaksi pengguna

Interaksi pengguna ini meliputi banyak hal, mulai dari akun yang diikuti, video yang sering ditonton, video yang disukai, komentar pada sebuah video, dan lain sebagainya.

Sebagai contoh, Anda mungkin seringkali menonton video di TikTok terkait game, maka besar kemungkinan isi dari FYP Anda juga akan berkaitan dengan game.
Gambaran lain, FYP TikTok ini memiliki kemiripan dengan algoritma YouTube. Yang mana ketika Anda sering menonton video di YouTube terkait game, maka isi beranda YouTube Anda akan dominan terkait dengan game. Bahkan ketika Anda tidak subscribe channel tersebut.

Informasi Video

Informasi video juga dibutuhkan oleh sistem algoritma TikTok untuk mengelompokkan video-video. Dalam hal ini, informasi yang dimaksud meliputi:

  • Hashtag
  • Caption / Deskripsi Video
  • Musik yang digunakan
  • Dan lain sebagainya

Informasi video ini erat kaitannya dengan poin interaksi user yang sudah kami jelaskan sebelumnya. Sebagai contoh, Anda menggunakan hashtag #game di video Anda, maka video Anda akan dianggap sebagai video yang terkait dengan game.

Pengaturan Akun dan Device

Pengaturan akun dan device yang Anda gunakan juga dapat menjadi sinyal yang menentukan video apa saja yang akan muncul di FYP Anda.

Misalnya saja pengaturan bahasa dan negara. Ketika Anda mengatur keduanya menjadi Indonesia, maka FYP Anda juga akan disuguhkan video-video yang dominan dari Indonesia, bukan dari negara lain.

2. Buat Konten yang Menarik

Bagaimanapun, konten yang menarik merupakan hal yang sangat penting untuk bisa masuk ke FYP TikTok.

Anda tentu tidak ingin menonton video yang tidak menarik bukan? Begitupula dengan pengguna TikTok yang lain.

Bahkan, ketika video Anda (yang tidak menarik) bisa muncul di FYP, pengguna TikTok yang menonton video TikTok tersebut bisa dengan mudah menandainya “Tidak Tertarik”, yang justru akan membuat skor video Anda di mata algoritma TikTok menurun.

Jadi, hal wajib pertama yang harus dilakukan adalah membuat konten video yang semenarik mungkin. Konten yang menarik akan membuat orang yang menonton berinteraksi (menyukai dan berkomentar) di video Anda. Alhasil, hal tersebut akan membuat video Anda masuk ke FYP.

3. Gunakan Hashtag yang Relevan

Sebagaimana yang sudah kami uraikan di atas, algoritma TikTok akan mengelompokkan video berdasarkan informasi yang ada, salah satunya berdasarkan hashtag yang digunakan oleh video tersebut.

Jadi, selalu gunakan hashtag yang relevan dengan video yang Anda unggah ke TikTok. Hashtag yang relevan, selain membantu algoritma TikTok lebih mudah mengenali video Anda, juga membantu menaikkan interaksi ke video Anda. Dengan kata lain, pengguna tidak merasa ‘terjebak’ karena melihat video yang tidak relevan.

Coba Anda bayangkan Anda menemukan video dengan hashtag #game, namun menampilkan video yang bukan tentang game. Tentu Anda akan skip video tersebut, atau bahkan menandai video tersebut dengan ‘tidak tertarik’.

4. Unggah Video Saat Prime Time

Banyak orang yang menyebutnya dengan jadwal FYP TikTok, namun sebenarnya prime time lebih tepat digunakan sebagai istilah waktu terbaik mengunggah video di TikTok.

Prime time adalah waktu dimana banyak orang sedang punya banyak waktu luang untuk menggunakan gadget mereka, termasuk ketika sedang menjelajah video di TikTok.

Mengunggah video pada saat prime time membuat kemungkinan video Anda dilihat banyak orang semakin tinggi. Bayangkan Anda mengunggah video saat pukul 03:00 subuh, kira-kira siapa yang akan menonton video tersebut? Makhluk halus?

Di Indonesia, Prime Time para pengguna internet dominan terjadi saat sore hari, hingga malam hari. Orang-orang cenderung sibuk bermain gadget untuk melepas penat setelah beraktifitas diluar. Sehingga, prime time umumnya terjadi sekitar pukul 18:00 WIB hingga menjelang tidur, 21:00 WIB.

Namun waktu prime time di atas tidak bisa menjadi acuan baku sepenuhnya. Misalnya pada hari minggu atau hari libur, tentu orang memiliki waktu luang yang cukup banyak dibandingkan dengan hari lain.

Target pasar Anda juga bisa mempengaruhi waktu prime time. Misalnya Anda mengincar target market para gamers yang suka begadang, mungkin mengunggah video di saat tengah malam justru menjadi waktu terbaik.

Artinya, Anda perlu melakukan banyak uji coba hingga menemukan formula terbaik.

Lagi-lagi soal algoritma TikTok.

Seperti yang sudah kami jelaskan di atas, algoritma TikTok memiliki kemiripan dengan platform lain, misalnya YouTube.

Di YouTube, ketika Anda suka menonton video terkait game, maka beranda YouTube Anda juga akan penuh dengan video terkait game. Begitupula dengan TikTok.

Membuat video yang serupa dengan video yang sedang trending membuat video Anda juga berkesempatan masuk ke FYP orang yang memiliki interest yang sama. Sekali lagi, FYP TikTok menampilkan video sesuai dengan interest atau minat dari pengguna tersebut.

Penggunaan hashtag yang sedang trending, challange yang sedang trending, dan segala hal yang sedang trending di TikTok juga cukup berguna menaikkan engagement ke video Anda.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, FYP di TikTok sangat bergantung pada algoritma TikTok itu sendiri. Dan poin utama dari algoritma TikTok adalah engagement. Membuat video yang menarik, menggunakan hashtag yang relevan, mengunggah video saat prime time merupakan hal-hal yang harus dilakukan untuk menaikkan engagement ke video yang kita unggah.

Tinggalkan komentar