6 Cara Mengatasi Fitur Instagram Music yang Tidak Muncul

Instagram Music menjadi salah satu fitur yang cukup populer di kalangan pengguna Instagram. Dengan fitur ini, para pengguna Instagram dapat membuat Instagram Story dengan menyelipkan potongan lagu favorit mereka.

Namun sayangnya, beberapa akun mengalami masalah ketika ingin menggunakan fitur baru dari Instagram ini. Masalah umum yang sering terjadi adalah fitur Instagram Music tidak muncul, tidak bisa mencari musik, dan musik tidak lengkap.

Jika kamu mengalami hal serupa, dan bertanya-tanya “kenapa fitur musik Instagram tidak muncul?”, kini kamu nggak perlu khawatir. Berikut kami sajikan 6 cara untuk mengatasi Instagram Music tidak muncul atau tidak lengkap:

1. Perbarui Aplikasi

Instagram music hanya tersedia di aplikasi versi terbaru, jadi pastikan Anda sudah memperbarui aplikasi Instagram di ponsel Anda ke versi paling mutakhir.

Silakan kunjungi Google Play Store atau di Apple App Store dan cek apakah ada pembaruan aplikasi. Jika tersedia, segera lakukan update ke aplikasi versi terbaru.

2. Login Ulang

Login ulang ke aplikasi Instagram terkadang ini merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi Instagram Music yang tidak muncul.

3. Jangan Gunakan VPN

Muncul peringatan “Musik Instagram tidak tersedia di wilayah Anda?” saat mencoba menggunakan Instagram Music? Jika iya maka kemungkinan besar Anda menggunakan VPN untuk mengakses Instagram.

Perlu Anda ketahui bahwa fitur Instagram Music memang tidak tersedia untuk semua negara. Beberapa negara menerapkan kebijakan terkait undang-undang hak cipta, sehingga fitur Instagram Music ditiadakan di beberapa negara.

Adapun, beberapa negara yang saat ini mendukung fitur Instagram Music adalah Amerika Serikat, Inggris, Kanada, Selandia Baru, Swedia, Denmark, Finlandia, Perancis, Belanda, Norwegia, Romania, Slovakia, Australia, Islandia, Malaysia, Indonesia, dan beberapa wilayah di India. 

Jadi hindari penggunaan VPN, utamanya VPN dengan IP negara yang tidak mendukung Instagram Music.

4. Beralih ke Akun Personal

Fitur Instagram Musik seringkali tidak muncul pada akun Instagram Bisnis. Kabarnya ini karena undang-undang hak cipta dari pihak label musik yang menaungi para musisi. Jadi, jika Anda menggunakan akun Instagram bisnis, Anda dapat mengubah jenis akun Anda menjadi akun Personal untuk bisa menikmati fitur Instagram Music.

5. Beralih ke Akun Kreator

Beberapa akun membutuhkan tools insight dari Instagram, utamanya akun Instagram bisnis. Tools insight Instagram biasa digunakan untuk mempelajari tentang tren keseluruhan dari para followers, serta kinerja konten yang kita unggah ke Instagram. Untuk alasan inilah yang pada akhirnya membuat beberapa akun tidak bisa beralih dari akun bisnis ke akun personal.

Namun Anda tidak perlu khawatir, pasalnya Anda masih bisa beralih ke akun kreator agar tetap bisa menggunakan tools insight sekaligus mengaktifkan Instagram Music. Dengan akun kreator, Anda tetap dapat menggunakan tools insight layaknya pada akun bisnis.

6. Hubungi Instagram

Sudah mencoba cara-cara di atas namun belum berhasil?

Bagaimanapun Instagram adalah sebuah sistem, dan terdapat kemungkinan terjadinya error. Oleh sebab itu, langkah terakhir yang bisa Anda coba adalah melaporkan masalah yang terjadi ke Instagram.

Anda dapat melaporkan masalah yang terjadi langsung melalui aplikasi Instagram, cukup buka menu Pengaturan > Bantuan > Laporkan Masalah. Selanjutnya, jelaskan masalah Instagram Music yang tidak muncul tersebut. Akan lebih baik jika Anda menyertakan beberapa screenshot sebagai pendukung laporan Anda.

Tinggalkan komentar