Cara Melacak HP Android yang Hilang dengan Email

Kehilangan HP kesayangan tentu bukanlah hal yang menyenangkan. Terlebih jika di dalam HP tersebut terdapat data-data penting, seperti misalnya data terkait pekerjaan.

Beruntungnya, Google menyediakan fitur Temukan Perangkat Saya (Find My Device) yang bisa dimanfaatkan untuk melacak handphone kita yang hilang. Meskipun tidak sepenuhnya bisa membuat HP kita yang hilang pasti ditemukan, setidaknya kita bisa berusaha untuk menemukannya.

Namun perlu diketahui, dibalik fitur canggih tersebut, ada beberapa syarat yang harus terpenuhi agar Anda dapat menemukan posisi HP Anda yang hilang.

1. HP yang hilang harus dalam keadaan hidup dan memiliki kuota internet

Perlu diketahui bahwa untuk melacak HP Android yang hilang dengan email, tentu Anda memerlukan akses internet di HP yang hilang tersebut. Jadi sudah barang tentu, cara ini tidak akan berhasil jika HP tersebut mati atau tidak memiliki kuota internet.

2. Memiliki akses login Gmail yang sama dengan HP yang hilang

Anda harus memiliki akses Gmail yang sama dengan HP yang hilang. Akses ini nantinya bisa Anda gunakan untuk login di perangkat lain saat proses pelacakan. Anda bisa login di HP lain atau perangkat komputer.

Jika Anda tidak memiliki login Gmail yang sama, maka mustahil untuk bisa melacak HP Anda yang hilang menggunakan email.

3. HP tersebut belum di reset atau belum di log out Gmail-nya

Sebagai contoh, HP Anda hilang karena dicuri seseorang. Jika seseorang tersebut langsung melalukan reset ke pengaturan pabrik, atau setidaknya me-log out Gmail yang ada, maka pupus sudah harapan Anda untuk menemukan HP tersebut. Karena kunci utama agar cara ini bisa bekerja terletak pada Gmail yang digunakan oleh HP tersebut.

Selanjutnya, setelah syarat di atas terpenuhi, mari lanjut ke proses pelacakan HP Anda yang hilang.

1. Buka ‘Find My Device’

Kunjungi website Temukan Perangkat Saya (Find My Device) di https://www.google.com/android/find melalui browser. Alternatif lain, Anda juga dapat menggunakan aplikasi Temukan Perangkat Saya (Find My Device) yang dapat Anda unduh secara gratis di Play Store.

Pada tahap ini, pastikan Anda sudah login menggunakan Gmail yang sama persis dengan Gmail yang log in di HP Anda yang hilang.

2. Pilih HP yang Ada di Daftar yang Tersedia

Jika Anda menggunakan satu akun Gmail di banyak HP, maka akan muncul daftar HP yang menggunakan Gmail tersebut. Pada tahap ini, pilih HP yang ingin Anda ingin Anda lacak keberadaannya.

Setelah itu, Google akan coba melacak keberadaan HP Anda melalui sistem GPS. Jika berhasil terkoneksi (HP masih hidup dan memiliki kuota internet), Google akan menampilkan lokasi keberadaan HP tersebut.

Sebagai contoh:

3. Klik Pada Bagian Ikon HP di Peta

Selanjutnya, klik ikon HP yang ada di peta, dan Anda akan di arahkan ke Google Maps. Tugas terakhir Anda selanjutnya, adalah mengunjungi lokasi keberadaan HP tersebut sesuai dengan yang ada di Google Maps.

4. Putar Suara

Jika Anda sudah sampai di lokasi, untuk mempermudah pencarian, Anda bisa memanfaatkan fitur ‘Putar Suara’ yang terdapat di ‘Temukan Perangkat Saya’. Fitur ini akan membuat HP Anda yang hilang berdering sehingga lebih mudah untuk ditemukan.

Tinggalkan komentar